Jumat, 11 Maret 2011

Pembelaan Sitti Noerbaja

Saya tidak suka kata-kata Anda.
Anda bilang, "Emangnya ini zaman Sitti Noerbaja, saya bisa dijodohin?
saya bisa dikawin paksa?
Udah bukan zamannya Sitti Noerbaja... ."

Hei, apa maksud Anda?
Asal Anda tahu, ya,
menikah itu pilihan.
Tidak menikah itu pilihan.
Anda menikah dengan si A itu pilihan.
Menikah dengan si B itu pilihan.
tidak pernah ada keterpaksaan.
seharusnya.
Karena itu konsekuensi pilihan.

Saya menerima Datuk Meringgih itu pilihan.
Meski orang tua saya berhutang padanya,
tetap saja keputusan saya adalah pilihan saya.
saya tidak dijodohkan.
saya juga bukan korban kawin paksa.
Ayah saya tidak pernah memaksa saya.
Nasib yang memberi pilihan.
dan saya terima.

Tolong jangan gunakan nama saya sebagai kambing hitam.
oke, saya tahu itu pilihan Anda.
Tapi, jika saja alasan Anda sama dengan alasan saya,
silakan Anda mengibaratkan diri Anda dengan saya.
kalau tidak mengerti saya, tak perlulah bawa nama saya.

Saya tidak menyesal menerima Datuk Meringgih.
Sekali lagi, itu pilihan saya dan saya siap
menerima konsekuensinya.
Ia memiliki sudut lain selain katanyakatanya orang-orang itu.
Setidaknya ia tetap Indonesia,
tidak berpihak pada bangsa lain yang notabene menjajah kita.

Tidak, saya bukan sedang menyesali hubungan dengan Sam.
Ia seorang lelaki yang baik dan kami memang tidak bisa bersama.
Ia memang menjadi serdadu Belanda tapi itu pilihannya.
Silakan saja.

Dengan tidak bersama Sam bukan berarti saya kehilangan cinta.
tidak bersama bukan berarti tidak punya cinta, begitu?
Justru karena mempertahankan cinta makanya kami tidak bersama.
Mungkin, jika bersama, kami akan saling menyakiti
dan itu justru hanya merusak cinta kami.

Yang saya minta dari Anda sekarang,
jika Anda akan mengambil keputusan
pilihan menerima lelaki lain
selain cinta Anda yang selama ini berjalan dengan Anda,
jangan bawa nama saya.
pahami saja diri Anda sendiri dulu.
Setelah itu tentukan pilihan Anda.
Jika nantinya ada pihak yang merasa tersakiti karena Anda,
itu konsekuensi yang harus Anda terima.
Itu saja.

Selamat memilih.
^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar