Kamis, 03 April 2014

Rujak Kangkung

Januari 2014

Teruntuk Dwi Hastaningtyas
Di Baret Biru

Yaaaaaaaaaasssss… .
          Apa kabar lu?
          Hahaha… iya, gue tahu, ini udah bukan zamannya lagi ber “elu-gue” secara buntut lu udah dua. Iya, gue tahu nanti takutnya kasih pengaruh buruk ke anak lu.
          Eh, anak lu beneran dua kan, ya? Apa udah lima kayak balonku?

Yas,
          Lu di mana sekarang? Masih di Baret Biru?
          Gue sih mengalamatkan surat ini ke Baret Biru yang kata lu dulu luasnya segede alaihim gambreng.

Yas,
          Gue lagi keingetan lu, nih! Terutama yang paling gue inget kita lagi duduk di teras perpus Rawa Bunga buat ngerjain tugas “Pocut Muhammad”. Mata kuliah apa sih tuh dulu? Sastra Nusantara apa Kapita Selekta Sastra?
          Iya, kita cari bahasan  “Pocut Muhammad”. Ingat nggak lu, dulu lu nyebutnya “coput” gara-gara lu selalu ingat sama yayang lu dulu.
          Eh, ini suami lu nggak ikutan baca, kan?
          Ah, ikutan juga biar aja. Toh, udah berlalu juga.

Yas,
          Inget nggak, waktu di perpus Rawa Bunga itu kita ngobrolin banyak rencana. Yang pengin dateng ke GRJT-lah buat nonton orang latihan teater (tapi ternyata pas kita ke sana nggak ada yang lagi latihan, ya? Hahahaha). Terus, curhatan kita tentang “doi” kita masing-masing sampai mengkhayal tentang apa aja!

Eh, iya, Yas,
          Lu inget nggak, dulu kita sering kirim “sms” kertas pas kuliah. Nah, kertas-kertas itu kan masih gue simpen sampai sekarang! Sms kertas dari anak-anak yang lain juga. Salah satu sms kertas gue sama lu isinya tentang mbak-mbak yang gelantung  di metro terus bulu keteknya yang segambreng keluar semua. Iya, gue pernah cerita itu tauk! Gue bilang, di metro gue liat mbak-mbak bajunya pendek, gandul di samping gue, terus bulu keteknya keliatan. Ada mas-mas yang ngeliatin gitu. Terus, komentar lu adalah: si mbak-mbak itu orang kaya.
          Berhubung gue bingung, lu bilang lagi, “Iyalah. Dia orang kaya. Lo liat kan, dia punya hutan sendiri. Kira-kira binatang apa aja yang dia pelihara di situ ya?”
          Khak. Semprul!
          Em, tapi zaman dulu mah cewek bulu keteknya keliatan itu keren, sik!

Yas,
          Gue nggak tahu sih lu bakal baca ini atau nggak. Kalaupun dibaca entah dibacanya kapan. Tapi, di sini, gue pen bilang (teriak kalau bisa): HUWAAAAAAAA~~ TYAAAAAASSSS~ GUE KANGEN ELOOOO~ KEMBALILAH PADAKUUUUUU~ LUPAKAN SUAMIMU~~
Lah?
          Ngaco, ah.

Yas,
          Segini aja surat dari gue. Kapan-kapan dilanjut lagi yak. Ehiya, tentang “rujak kangkung” yang gue jadiin judul di sini itu karena gue inget emak lu yang jago betul bikin rujak kangkung. Salam ye, buat doi! Lu bisa bikin rujak kangkung seenak emak lu, nggak? Kalau bisa, undang-undang gue yaaa… . Kita adain “rujak kangkung party”! Hahaha.

Yas,
          Ah, gilak!
          Gue kangen bet, ah. Hahahaha… .
          Selalu bahagia, ya, Jeng! Mwachk!


Salam kecup banyak,


Ika Fitriana

2 komentar: