Kamis, 02 Februari 2012

Lu pikir Lu Siapa?

Tempo hari ada seseorang ketemu bokap. Dia bilang gini, "Om, masih inget saya, nggak?"

Bokap memperhatikan dengan saksama tapi percuma. Doi nggak inget. Jadi yang keluar dari mulutnya hanya, "Enggg.."
"Saya Setia, Om. Yang waktu kecil dulu dicolok matanya sama Ika sampe berdarah... ."

"Ooohhh.." Bokap langsung ber-Oo panjang. Mungkin batin bokap, inget bangetlaah, secara anak gue nyolok anak orang.

Konon, menurut cerita (gue sendiri nggak inget. Emang lazimnya gitu, kan, ya? Kalo pelaku suka lupa), gue pernah nyolok mata anak tetangga sampe berdarah. Orang tuanya nyamper ke rumah gue meminta pertanggungjawaban orang tua gue.

Setia cuma salah satu "korban" gue, katanya. Selain Setia, ada yang kepalanya diketok pake kayu, ada yang digigit, dst. Pokoknya kalo ada anak yang maen pulang-pulang nangis--dan ada gue di situ--80% doi nangis gara-gara gue (ehm, oke, ini gue lebih-lebihin, yaaa. Jangan anggep beneran).
Poinnya adalah, bukan mau nyeritain masa kecil gue ansih, tapi gue terpesona terkagum terperanjat (halah) dengan orang tua gue. Pernah bokap berantem ama tetangga gara-gara ulah gue. Tetangga gue yang anaknya diketok pake kayu sampe berdarah itu sampe ngeluarin senjata tajam (duuh, ngeri, ya? Makanya senjata tajam dilarang dibawa-bawa ke sekolah). Coba kalo lu yang ada di posisi bokap, pasti ngeri banget, kan? Hiy!

Gue yakin, pasti yang jadi orang tua gue adalah orang yang luar biasa. Kalo nggak, nggak ngerti deh dengan cara apa mereka bertahan. Dan lu tahu apa, gue rasa bukan cuma orang tua gue, tapi orang tua lu juga.

Jujur, deh, lu pasti punya ulah yang ngundang masalah buat orang tua (bahkan mungkin sampe lu sebangkotan gini). Ya, kan? Kepikir dong gimana cara mereka merespon/menghadapi masalah yang timbul karena kita itu luar biasa. Mereka sayang banget ama kita, cuy!
Oya, kenakalan yang gue rujuk di sini nggak selalu berarti lu nyolok mata atau mukul lho ya, bisa jadi kenakalan dalam tanda kutip, dalam arti luas. Misalnya, gara-gara lu kelewat diem atau cuek atau apa yang potensial menimbulkan masalah bagi orang tua lu bisa kita kategorikan kenakalan.

Nah, sekarang, Broer en Zoes yang baik, coba lu inget-inget (kalo nggak inget ya tanya-tanya) apa saja yang pernah lu perbuat (atau justru lu nggak perbuat padahal harusnya lu bisa buat) tapi mendatangkan masalah buat orang tua lu.
Nanti lu akan mengetahui betapa tanpa mereka, lu nggak meaning. Hargai mereka, hormati mereka, respon mereka. Dan buat lu yang suka ngatain orang tua lu dengan kebun binatang (dalam denotasi dan konteks serius),  OH PLIS DEH!

Jadi, lu pikir lu siapa?
Nothing.
But the best for you, too.
















p.s.:
nggak ada orang tua yang nggak baik. Kita cuma perlu menyamakan persepsi, visi, misi kita dengan mereka atau--kalo lu orang yang selalu menjungjung tinggi perbedaan--berikan pengertian tentang hal-hal yang kita lakuin. 
Loph yuu, muach! ^^


2 komentar:

  1. masa kak?
    betulkah ngga ada orang tua yang ngga baik?
    (paling ngga, minimal khilaf dari kebaikan gitu?)
    sangat berharap.
    foto2nya tag k fb juga dong say...

    BalasHapus
  2. dalam kacamata gue sih gitu,Im..
    nggak tau kalo ada anomali.. hehe..

    foto yang mana yang mau ditag?

    BalasHapus