Sabtu, 31 Maret 2012

Panduan Demo

Mau ikut demo?
Nggak, nggak, gw nggak ngelarang.
Itu tanda lu peduli.
Asal nggak anarkis ajaaa..

Gw punya beberapa tips buat demo. Cek, yak:
1. Persiapan fisik
        Jauh, jauuuhhh hari sebelum demo, lu harus sering latian fisik. Kenapaa? Ini penting, Sodara. Jangan sampe lu pingsan pas lagi demo. Lu boleh perjuangin aspirasi rakyat banyak, tapi lu harus jaga diri juga, doong..
        O, ya, kembali ke persiapan fisik. Latian fisik yang bisa lu lakuin, misalnya: pas nunggu buskota mau ngampus, lu diem aja pas busnya di depan lu. Jangan berusaha naik. Nah, kalo busnya udah jalan, lu lari kejar busnya. Dijamin, dengan sering latihan lari gitu, lu bisa lari cepet kalo dikejar-kejar polisi.
        Latian fisik lainnya yang bisa lu lakuin, misalnya (buat lu yang bawa motor/mobil ke kampus), lu boleh bawa kendaraan lu ngampus. Garis bawahi: B - A - W - A. Bukan ditunggangi (ehm , tapi bukan berarti ditenteng juga..). Lu jalan sambil mendorong motor/mobil. Dari latihan fisik ini diharapkan tangan2 dan kaki2 lu kuat, terutama kalo lu butuh ngerobohin pagar2 gedung.
       Truz, kalo menurut lu belom ampuh juga itu saran gw di atas, lu berarti harus latian dari jauh-jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhh hari. Misal, lu pengen demo pas mahasiswa, tapi latihan fisiknya udah dari TK.

http://www.myraffaell.com/blog/files/images/runninglate.jpg


2. Persiapan Vokal
        Vokal penting, Sodara. Lu harus jaga makan lu. Jangan kebanyakan makan gorengan, sambal, dan makanan berminyak. Nggak seru kan kalo sebelum demo suara lu udah serak atau pas demo batuk2. "Turunkan harga... uhuk-uhuk... obat batuuuk.. eh, BBM.." Yang tadinya orang2 antusias mau jawab, jadi hilang semangat, deh..
         Selain jaga makanan, lu bisa latihan vokal dengan cara:
a. Presentasi
         Lu harus rajin presentasi di kelas. Mau siapa pun yang kebagian presentasi, lu gantiin aja. Suara yang lu pake suara demo biar terbiasa. Jadi gini, "HARI INI ADALAH BAGIAN DARI SEJARAH. SAYA AKAN MEMPRESENTASIKAN MAKALAH YANG BERJUDUL... ."

b. Di angkot
       Lu juga bisa latihan vokal di angkot. Kalo mau turun jangan bilang dengan nada, "kiri, Bang... ." Tapi, pake nada, "KIRI, BANG!"
       Kalo perlu nih ya, walaupun lu belum mau turun, lu bilang, "KIRI, BANG!" terus-terusan.

c. Di kantin
        Lu cari tempat duduk di bagian paling dalam kantin, tapi lu pesen makanan di warung yang ada di bagian paling luar. "BAAAANGGG.. NASI AYAM SATU. BAYAR BESOK!"

d. Di hutan
         Kalo dirasa masih kurang, lu bisa ke hutan terus ke pantai, eh, nggak, ke hutan aja. Lu temuin tuh Tarzan dan berguru ma doi. "AUOOOOO.."


http://www.instablogsimages.com/images/2005/12/27/tarzan_cartoon.jpg


3. Peralatan
         Lu udah siap fisik dan vokal tapi nggak siap peralatan? Wah, jangan, deh! Lu harus siap peralatan juga.
a. Ponsel, dompet, dan barang berharga lu masukin ke kantong plastik. 
      Ini untuk menghindari guyuran air dari aparat untuk bubarkan demo. Nggak mau kan barang-barang lu kebasahan?

b. Pake helm. 
      Siapa tau aja ya, karena lu lempar batu ke aparat terus mereka bales ngelempar sesuatu juga. Ngelempar tank, misalnya.

c. Rompi antipeluru. 
       Bukan karena takut kena tembak atau apa karena nggak mungkin lu sengaja ditembak sama aparat. Aparat penegak hukum kita kan baik-baik. Rompi antipeluru ini dibutuhkan kalau-kalau lu masuk angin. Peluru aja anti, apalagi angin. Jadi, pulang demo lu nggak perlu dikerokin ma emak deeeh..

d. Senjata.
      Lu harus siap senjata. Menurut gw, sih, senjata semodel batu atau bom molotov itu senjata zaman purba. Mending juga lu ajakin itu para aparat adu pantun.
"Jalan-jalan beli kapak
kapak dibeli seribu tiga
saya bukan mau ganyang Bapak
tapi tikus-tikus yang Bapak jaga"

e. Masker. 
       Yah.. jaga2 aja biar lu nggak kena polusi udara. Jakarta kan polusinya gila-gilaan.

f. Kacamata. 
       Bukan cuma untuk menangkis gas air mata dari aparat tapi juga yaaa.. siapa tahu aja lu beneran nangis di tengah2 demo karena keingetan rakyat yang susah. Mahasiswa kan peka... .

http://afikauswatunhasanah.smansara.com/files/2011/11/kartun_allahu-akbar.jpg

4. Kemampuan Menyamar
        Ini penting. Takutnya (bukannya nyumpahin atau apa, ya?) tapi masa depan kan misteri. Takutnya terjadi hal-hal yang tidak direncanakan. Ketika itu, lu sangat membutuhkan ini. Bukan berarti lu kabur ya, tapi kan siapa tahu lu emang butuh mundur dulu untuk maju lagi.
       Nah, di tengah-tengah kemunduran lu itu penting banget kemampuan menyamar. Jadi, misal lu dikejar-kejar ma aparat yang entah mengapa ngebet banget sama lu, lu bisa menyamar jadi tukang ketoprak atau pelayan rumah makan atau tukang parkir.
       Biar kemampuan lu ini efektif, lu bisa belajar ke Pak Subarkah untuk belajar make-up karakter (siapa tahu lu pengen nyamar jadi kakek-kakek) atau kalo perlu lu belajar deh sono ke luar negeri.


http://deany.mywapblog.com/files/kakek-kartun.jpg


Gimana panduan demo dari gw?
Selamat mencoba!
Salam mahasiswa!
Hidup rakyat!
yeayy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar